KERANGKA DAUN | My Science Site
 welcome Images

Wednesday, June 6, 2007

KERANGKA DAUN

Kerangka Daun

Saat bagian yang halus dari daun membusuk,
daun itu meninggalkan urat urat kerangka daun.
Dalam percobaan ini kamu akan membuat kerangka daun di rumah dengan menggunakan soda cuci yang melarutkan bagian daun yang halus.

Kau memerlukan
Panci air
Daun kering
Soda cuci

1 Larutkan soda cuci dalam air di panci kecil
Tambahkan daun dan dengan hati hati hangatkan
panci, jangan terlalu panas.

2 Angkat panci dan biarkan selama beberapa jam
Kemudian lepaskan kerangka daun dan bilas.

6 comments:

Adi said...

Hello Katherin,

Ini ibu Adi. Apa kabar?
Wah blognya bagus dan menarik. Eh itu kerangka daunnya lantas kalau sudah jadi diapakan? apakah di bingkai? atau disimpan di dalam album buat koleksi? Sudah pernah dicoba untuk dibuat menjadi hiasan kartu nggak?

Terima kasih ya sudah sharing informasi dan ilmunya disini. Sering-sering diisi dan menulis di blog ya, jadi bu Adi bisa ikut baca-baca. Di sini mulai masuk musim panas, di Indonesia lagi musim apa?

Salam buat mama, papa dan adik ya.

Love,
Bu Adi

Julia van Tiel said...

HAi Katthy,
Boleh gak ntar kalau tante ke Indonesia minta kerangka daunnya? Ntar mau tante masukkan bingkai terus dipajang di atas komputerku?

Cun sayang,
Tante Julia

Anonymous said...

Hallo Katherine,

Boleh tahu, soda cuci yang dimaksud itu apa ? NaOH, KOH atau NaHCO3 atau lainnya? Minta infonya, ya...

Terimakasih,
Papa Nadia
harsodi@hotmail.com

Katherine Philip said...

Maaf lama baru dibalas, karena disekolah lagi sibuk ulangan.
Saya belum pernah coba dengan bahan kimia tersebut,tidak tahu beli dimana. Yang digunakan untuk mengelupas buah/sayuran (sbr:wikipedia) adalah KOH. Daun kering cukup direndam dalam air, sudah bisa. Boleh pakai detergent juga. Cuma butuh waktu lebih lama.

Anonymous said...

hi adik kecil..
perkenalkan ya..
aku kak hapsari dari bogor..
aku gak sengaja buka blog kamu, ih ternyata cantik banget blognya..creative lagi..!

jadi inget waktu kecilnya kak hapsa. suka bikin experiment2 kecil yang seru..

mau tau gak cara bikin tulisan ajaib?
tulisan ajaib..itu bisa ilang dan muncul sesuai yang kita inginkan..

cara bikinnya gini niy..

1. ambil selembar kertas kosong warna putih..bisa kertas HVS atau A4..
2. lalu basahi kedua sisi kertas ini dengan air, atau bisa juga di celupkan ke air..
tapi jangan sampai sobek lho yaa..
3. letakkan kertas tersebut diatas benda yang keras dan datar (misalnya kaca atau cermin)
4. lalu sebuah kertas putih lain yang masih kering diletakkan diatasnya..nempel ke kertas yang basah
5. kamu bisa buat tulisan apa aja di kertas yang kering itu dengan pensilmu..inget ya..ditulis langsung diatas kertasnya dengan sedikit ditekan tapi jangan sampai sobek
6. terakhir.. kamu pisahkan kedua kertas itu, lalu jemurlah kertas yang basah..
apa yang terjadi?
tulisan kamu tadi ilang....

trus, bagaimana cara bacanya..?
gampang kok...kamu celupin lagi kertasnya ke air..pasti muncul lagi..

simple kan...
selamat mencoba..

best regard,
kak hapsari

hapsari.maharani@gmail.com
pika_night@yahoo.ca (Search di www.friendster.com pakai email ini)

fisika@guruh said...

wah menarik tuh mau belajar membuat tulisan rahasia ga?

caranya!

1 sediakan kerts HVS 1 lembar
2 asam cuka 1 botol
3 kuas
4 gelas
cara buatnya!

1 asam cuka atao dalam kimianya CH3COOH ke dalam wadah atau gelas ambil kuas dan celupkan ke dalam cuka, tuliskan sesuatu ke kertas HVS dan keringkan!

sudah kering, garang pake lilin atau api hingga tulisan tersebut muncul!