Penyulingan air dan pemasak matahari ( Solar Cooker & Water Distiller ) | My Science Site
 welcome Images

Monday, February 25, 2008

Penyulingan air dan pemasak matahari ( Solar Cooker & Water Distiller )

Kondisi air yang tercemar bisa diolah dan dimanfaatkan lagi antara lain dengan cara menyaring (filter) dan penyulingan (distill). Seperti kita ketahui air kalau dipanaskan terjadi proses penguapan / evaporasi (evaporation), uap ini kalau didinginkan lagi terjadi proses pengembunan / kondensasi (condensation), dan berubah menjadi air bersih kembali.

Mari kita membuat percobaan penyulingan air dengan memanfaatkan sinar matahari, dan dengan memanfaatkan barang – barang bekas.

Bahan – bahan :
  • Botol bekas minuman ( botol coca cola yang besar )
  • Kaleng bekas coca cola
  • cat hitam
  • Kotak Kardus
  • Aluminium Foil
atau bisa memanfaatkan bekas bungkus makanan ringan yang didalamnya berwarna seperti cermin,bisa memantulkan cahaya (reflector).  contohnya: bekas bungkus chitato, chiki dll.

Dalam percobaan ini saya menggunakan “car sun shade” berwarna aluminium, dibentuk seperti corong, dan diletakkan didalam kotak kardus, lebih praktis.

Alat – alat :
  • gunting, lem
  • Thermometer
 solar cooker solar cooker

Cara membuat :

Disini saya menunjukkan 2 model yang paling mudah dilakukan, kotak kardus dibentuk seperti model gambar 1 atau gambar 2, didalamnya seluruhnya dibungkus dengan aluminium foil.
 
solar cooker  solar cooker
              Gambar 1                               Gambar 2

Botol bekas dipotong menjadi 2 pada 2/3 bagian dari botol, kaleng bekas dicat dengan warna hitam, agar panas lebih mudah terserap dan lebih lama terperangkap.

Sekarang letakan “pemasak matahari” kotak kardus di tempat terbuka, menghadap matahari, isi air kedalam kaleng bekas, masukkan kedalam botol bekas, lalu ditutup dengan rapat.

Carilah posisi yang mendapat pantulan sinar paling banyak di pemasak matahari, caranya dengan meletakkan tangan kamu didalam, rasakan posisi yang paling panas. Nah, sekarang tempatkan botol diposisi tersebut.

Dalam percobaan dipertemuan “Mailing list Keluarga AB” didanau salam, (depok, UI) November lalu, setelah 10 menit suhu air didalam kaleng bekas sudah mencapai 60ยบ C, 20 menit kemudian sudah terlihat air hasil sulingan didasar botol bekas.

Untuk pengembangan lebih lanjut, dari mulut kaleng bekas bisa dipasang selang kecil dan dialirkan kebotol lain untuk menampung hasil air sulingan. Atau dapat dikembangkan menjadi pemasak matahari (Solar cooker).

solar cooker  solar cooker
Ikan yang jadi santapan enak kucingnya “Dehan”

Pada percobaan didepok, ikan hasil pancingan “Dehan”, lalu ikut dimasukkan kedalam botol, dengan dibungkus plastik hitam. 20 menit kemudian, ikan sudah matang.

Kamu bisa mencoba memasak kentang, singkong, sosis dan sebagainya. Caranya dengan dimasukkan kedalam panci berwarna hitam dan panci dibungkus dengan kantong plastik transparan, atur kantong agar tidak menyentuh panci, pada dasar panci diberi ganjalan batu, ikat kantong plastik dengan tali. Tujuannya untuk memerangkap panas, sehingga suhu panas tetap terjaga didalam kantong plastik dan panas tidak keluar.

Berbagai model pemasak matahari ( Solar Cooker )

     solar cooker
Untuk pengembangan lebih lanjut kamu bisa kunjungi
website: Solar Cooking Archieve ini.

8 comments:

Katherine said...

"Free Download Movies, Software, Games, Picture"

Wao baru tau uy, makasaih atas info nya

Mar 4, 2008 11:45 AM

---------------------------
Maaf, mas yg connect dari bandung commentnya didelete.

Mohon tidak link site yg tidak relevant disini, site ini untuk anak-anak.

infogue said...

Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan Wordpress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://infogue.com/lingkungan/penyulingan_air_dan_pemasak_matahari_solar_cooker_water_distiller_/

Monitor de LCD said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Monitor de LCD, I hope you enjoy. The address is http://monitor-de-lcd.blogspot.com. A hug.

fay5den said...

nice and outstanding blog...
Salut dik sama kamu...masih kecil tapi pengalaman and kemampuan udah jauh di atas aku...
Kenalin aku fay...newbie di dunia blog...keep in touch...fay5denforfriends.blogspot.com

amira said...

kamu buat artikel ni sendiri, ya? Padahal kamu kan masih kecil, HEBAT!

alfon said...

dik indigo yg smangat///

Tegar Maulana said...

wah terima kasih banyak nih artikelnya betul2 berguna banget :) btw mau tanya nih, kemampuan menyuling dr percobaan di atas itu bisa menyuling air kotor seperti air sungai ga? atau mungkin sebatas air keran yg masih belom steril? thanks banget ya! sukses selaluu

kathy said...

@tegar maulana. Proses diatas merupakan proses penguapan (distill). jd air sekotor apapun tidak masalah.