Mobil Tenaga Magnet | My Science Site
 welcome Images

Thursday, November 15, 2007

Mobil Tenaga Magnet

Bahan bahan yang dibutuhkan :
- 1 Mobil mobilan (pilih yang ringan/plastik)
- 2 buah magnet
- Karet gelang / selotip

              

Cara pembuatan :
ambil sebuah mobil mobilan, dan tempelkan magnet diatasnya (boleh sembarang tempat) dengan diikat pakai karet gelang atau selotip. Untuk menjalankan mobil pegang magnet kedua dengan kutub yang sama, dekatkan ke magnet yang diikat dimobil, maka mobilnya akan berjalan sendiri tanpa anda menyentuh / mendorong mobilnya.
Dalam percobaan ini magnet diambil dari bekas door lock lemari, bisa anda manfaatkan magnet bekas mainan, magnet tempelan kulkas, bekas speaker dsb nya.

              
Prinsip kerja :
Seperti kita ketahui magnet terdiri dari dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub yang sama saling tolak menolak, kutub yang berlawanan saling tarik menarik.
Dengan kita dekatkan 2 magnet dengan kutub yang sama, maka terjadi saling tolak sehingga mengakibatkan mobil bergerak karena daya tolak menolak magnet.

Anda bisa mengajak beberapa teman untuk membuat mobil masing-masing, dan lomba balap mobil tenaga magnet, pasti asyik.
Prinsip yang sama dapat dikembangkan untuk mainan lainnya, misalnya membuat kapal tenaga magnet, memancing ikan tanpa menyentuh ikannya (ikannya melompat sendiri), mencari harta karun yang tersembunyi dengan memanfaatkan daya tarik magnet.
Selamat bermain dan berkreasi.


No comments: