Metamorfosis | My Science Site
 welcome Images

Thursday, August 2, 2007

Metamorfosis

 Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas, melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel. Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata mengalami proses metamorfosis, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau kelakuan.

      kupu kupu         kupu kupu

Metamorfosis biasanya terjadi pada fase berbeda-beda, dimulai dari larva atau nimfa, kadang-kadang melewati fase pupa, dan berakhir sebagai spesies dewasa. Ada dua macam metamorfosis utama pada serangga, hemimetabolisme dan holometabolisme.

Fase spesies yang belum dewasa pada metamorfosis biasanya disebut larva. Tapi pada metamorfosis kompleks pada kebanyakan spesies serangga, hanya fase pertama yang disebut larva dan terkadang memiliki nama yang berbeda.

Pada hemimetabolisme, perkembangan larva berlangsung pada fase   pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar. Hemimetabolisme juga dikenal dengan metamorfosis tidak sempurna.

Pada holometabolisme, larva sangat berbeda dengan dewasanya. Serangga yang melakukan holometabolisme melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa.

Holometabolisme juga dikenal dengan metamorfosis sempurna. Sementara di dalam pupa, serangga akan mengeluarkan cairan pencernaan, untuk menghancurkan tubuh larva, menyisakan sebagian sel saja. Sebagian sel itu kemudian akan tumbuh menjadi dewasa menggunakan nutrisi dari hancuran tubuh larva. Proses kematian sel disebut histolisis, dan pertumbuhan sel lagi disebut histogenesis.

Lama serangga menghabiskan waktunya pada fase dewasa atau pada fase remajanya tergantung pada spesies serangga itu. Misalnya mayfly yang hanya hidup pada fase dewasa hanya satu hari, dan cicada, yang fase remajanya hidup di bawah tanah selama 13 hingga 17 tahun. Kedua spesies ini melakukan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis pada kupu kupu
Aku adalah seekor kupu kupu, aku akan melewati waktu yang lama untuk menjadi sebuah kupu kupu. Ayo kita baca ceritanya.

metamorfosis

metamorfosis

Aku terlahir dari sebutir telur yang akan menetas menjadi ulat

metamorfosis

metamorfosis

metamorfosis

Sumber : buku pelajaran, wikipedia.

3 comments:

herry said...

Bagus, tapi detail perubahannya masih kurang. Tapi sudah cukup menarik

rizki said...

ada satu lagi jenis metamorfosis,,yaitu paurometabola..
paurometabola biasanya pada kepik..
postingannya keren,,apalagi gambarnya,hehe..

rizki said...

bagus postingannya..
oia ada satu lagi metamorfosis,paurometabola pada kepik..
gambarnya lucu,hehe..