Kantong Semar | My Science Site
 welcome Images

Tuesday, July 24, 2007

Kantong Semar

Kantong Semar
( By Katherine Philip)

Genus Nepenthes (Kantong semar, bahasa Inggris: Tropical pitcher plant), yang termasuk dalam familia monotypic, terdiri dari 80-100 spesies, baik yang alami maupun hibrida. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara Indonesia (55 spesies, 85%), Tiongkok bagian selatan, Malaysia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, Kaledonia Baru, India, dan Sri Lanka. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

       
Kerajaan : Plantae                                  Familia : Nepenthaceae
Filum : Magnoliophyta                         Genus : Nepenthes
Kelas : Magnoliopsida                           Spesies : -
Ordo : Caryophyllales                            Nama binomial: -

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam.

Kantong semar sudah dikenal sejak awal abad ke-18. Tanaman ini unik karena memiliki kantong yang tergantung di ujung daun. Kantong ini berfungsi menangkap hewan, terutama serangga, yang akan dijadikan nutrisi untuk tanaman. Kantong semar sudah masuk ke daftar tanaman yang terancam punah dan terdaftar dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora .

Sumber : Kompas cybermedia,Wikipedia
Selamat Membaca

2 comments:

Ratih Juhara said...

saya pernah liat asli kantong semar(bukan gambar :) ) di gunung gede pangrango, bentuk nya unik dan ketika itu tumbuhan tersebut sedang di hinggapi oleh lalat, kemudian lalat itu di makan oleh tumbuhan tersebut...

Thanks for share

hendra said...

Hi...teman, hari tgl 18 April 2010 sy baru mencoba untuk menanam kantong semar, tanaman ini saya temukan ketika diberitahu oleh teman di Batam, kebetulan lewat, dan sekarang tanaman yg ada di pulau Batam sdh hampir punah diakibatkan oleh pembukaan lahan dan pelebaran jalan, tempatnya persis mengarah ke Tanjung piayu, karena sy juga sangat tertarik dengan tanaman ini makan sy coba untuk menanamnya, barang kali bisa hidup.